Kamis, 18 Agustus 2016

Sekilas GIBON BOOKS (2)



MULANYA adalah obrolan di antara kami, beberapa orang jurnalis dan penulis, yang ingin menulis dan menerbitkan buku-buku berkhazanah Nusantara Indonesia. Maklum, karena dalam zaman global sekarang ini, begitu banyak buku bernuansa asing yang ditulis oleh para penulis asing dan dengan background asing pula, yang menjejali referensi, literasi dan kognisi kita. Termasuk buku-buku yang berkaitan dengan tema-tema Kepemimpinan (Leadership), Korporasi/Perusahaan (Corporate) dan Kewirausahaan (Entrepreneurship).

Sebenarnya, sebagai suatu rujukan referentif dan komparatif, hal itu sama sekali tidak menjadi masalah dan sebaliknya justru menjadi pengayaan pembelajaran yang baik bagi kita. Yang menjadi masalah adalah karena kerapkali kita menerapkannya tanpa reserve sehingga kepemimpinan, manajemen korporasi dan kewirausahaan kita menjadi seakan kehilangan soul, karakter, dan jati diri ke-Indonesia-an kita. Kita berjalan tanpa bertumpu pada nilai-nilai, kultur dan khazanah-kearifan Nusantara Indonesia. Itu sebabnya, kami lantas berkomitmen untuk menulis, menyusun dan menerbitkan buku-buku yang berkhazanah Indonesia, agar kita bisa belajar dari nilai-nilai, kultur dan khazanah-kearifan kita sendiri.

Setelah hampir setahun kami menulis, menyusun dan menerbitkan beberapa buku yang concern pada tema-tema Kepemimpinan, Korporasi/Perusahaan dan Kewirausahaan dengan trademark “GIBON BOOKS”, pada tanggal 15 November 2006 kami coba memayunginya dengan legalitas berbentuk yayasan. Ini dimaksudkan agar komitmen tadi tetap terjaga keberlangsungannya dengan tidak terkesampingkan oleh sekadar “berorientasi profit ekonomis” (bila kami menggunakan payung Perseroan Terbatas). Nama yayasan itu adalah YAYASAN PUSAT STUDI KORPORASI INDONESIA, yang kami buat di hadapan Notaris Nida Khairany, SH., dan disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor C-50 HT.01.02.TH.2007 (tanggal 12 Januari 2007).

Kini, di tahun 2016, perjalanan kami sudah memasuki tahun kesepuluh. Buku-buku yang kami tulis, susun dan terbitkan telah mencapai puluhan judul. Rata-rata empat sampai lima judul dalam setahun. Maklum, kami memang selektif dalam menentukan, menulis dan menerbitkan tema-judul buku. Namun, kami bersyukur karena hingga hari ini konsistensi kami dalam menjaga komitmen tetap pada jalurnya. Di antara buku-buku itu bisa disimak dalam situs/website kami: penerbitbukugibon.blogspot.com.

Satu hal yang menggembirakan, berkat dukungan dan kepercayaan sejumlah pihak, di luar penulisan-penyusunan-penerbitan buku-buku, kami pun sempat dipercaya untuk mengisi materi tulisan sejumlah media internal. Di antaranya adalah Majalah “BERITA GAS” dan “PGN INSIDE” yang diterbitkan oleh PT Perusahaan Gas Negara (PGN, Persero) Tbk; kemudian Majalah “SUARA TKI” yang diterbitkan oleh IMSSA (Indonesian Manpower Supplier for Saudi Arabia), dan Majalah MasjidKita terbitan Gerakan Memakmurkan Masjid (GMM). Kami pun pernah menangani Majalah “WARTA KOWANI” yang diterbitkan oleh Kongres Wanita Indonesia (Kowani); dan Majalah “NOTARIAT” yang diterbitkan oleh Ikatan Notaris Indonesia (INI).

Pengalaman adalah guru yang baik. Learning by doing, and experience makes a perfect. Belajar dari pengalaman dan senantiasa berupaya menjadi “murid” atas setiap tugas pekerjaan (penulisan, penerbitan) yang sedang dilakukan, kiranya membuat kinarya kami bisa menjadi lebih baik, lebih berarti, dan lebih bermanfaat bagi masyarakat (pembaca). Semoga. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar