Minggu, 23 Oktober 2016

INKA, Karya Besar Dari Madiun




PERJALANAN SEPANJANG 35 TAHUN telah ditempuh oleh INKA. Banyak cerita, warna dan makna yang mengi­ringi langkahnya, ditulis dan diceritakan dalam sebuah “buku kehidupan”. Sebuah buku “warisan zaman” yang menjadi bukti nyata atas kemandirian dan keberhasilan anak negeri dalam menumbuh-kembangkan teknologi dan industri sarana perkereta-apian.

Setelah berjibaku selama 35 tahun, INKA sudah semakin mumpuni. Dari segi desain, teknologi maupun industri (produksi) kereta api, INKA sudah mampu membuat berbagai jenis gerbong barang dan kereta penumpang dengan standar dan kualitas internasional. Termasuk KA berpenggerak seperti KRL, KRD, LRT dan Monorel. Bahkan, INKA telah pula mampu membuat lokomotif sendiri hingga kecepatan sedang (medium speed).

Karena itu, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak berbangga dan memberi rasa hormat yang tinggi kepada INKA. Tidak ada alasan bagi Pemerintah RI (selaku “orang tua kandung”) untuk tidak mempercayakan INKA dalam setiap pembangunan dan pengembangan sarana perkereta-apian. Kita harus membuka mata lebar-lebar betapa kompetensi INKA telah sejajar dengan para produsen KA kelas dunia. Suatu kemandirian anak bangsa, putera-puteri Indonesia, di bidang sarana perkereta-apian telah mewujud adanya.

Dari Madiun, INKA berkarya untuk negeri. Dari Madiun, INKA bertekad menjadikan produk-produk sarana transportasi (berbasis rel) menjadi “tuan rumah” di negeri sendiri. Dari Madiun, INKA berupaya menjadi perusahaan sarana perkereta-apian berkelas dunia, dengan produk-produk yang juga bisa dimanfaatkan oleh negara-negara lain di dunia ini. Semoga pula keberadaan INKA yang kini sudah menjadi perusahaan (industri) sarana perkereta-apian terbesar di Asia Tenggara ini bisa kita jadikan sebagai cermin pembelajaran bagi BUMN yang lainnya, dan bagi perusahaan nasional pada umumnya. ***

Judul Buku: 35 TAHUN INKA BERKARYA UNTUK NEGERI
Penulis: Kolaborasi Tim Gibon dan Tim INKA
Advisor: Direksi INKA
Inisiator/Proof Reader: Mohamad Nur Sodiq (DirKeu INKA)
Pengarah: Surjanto, I Ketut Astika, Fathor Rasyid
 Editor/Penanggung-Jawab: Yoyok Widoyoko
Tebal: 204 Halaman; Edisi: Cetakan I, Agustus 2016
ISBN: 978-979-773-047-5
Kondisi: Full Color
Halaman: 204 Halaman
Harga: Tidak diperjual-belikan (untuk kepentingan internal INKA) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar